Cara Menambahkan Kode Rekening Perusahaan

Langkah-langkah untuk Menambahkan Kode Rekening

1. Masuk Dashboard Website Randu, atau bisa klik link berikut ini >> https://app.randu.co.id/

2. Masuk ke halaman Pengaturan di aplikasi Randu.

  • Pilih Pengaturan Aplikasi lalu klik Pengaturan Kode Rekening

3. Pilih Kategori Kode Rekening yang Akan Ditambahkan

Berikut adalah daftar kode rekening default yang ada di Randu :

  • Aktiva Lancar
  • Aktiva Tetap
  • Akumulasi Penyusutan
  • Utang Jangka Pendek
  • Utang Jangka Panjang
  • Modal
  • Pendapatan
  • Harga Pokok Penjualan
  • Biaya Penjualan
  • Biaya Umum Admin
  • Pendapatan Di Luar Usaha
  • Biaya Di Luar Usaha

Di halaman Pengaturan Kode Rekening, pilih kategori yang ingin ditambahkan.

4. Mulai Menambahkan Kode Rekening Baru

  • Setelah masuk ke halaman kode rekening, kamu akan melihat daftar kode rekening default.
  • Untuk menambahkan kode rekening baru, klik tombol berikut ini di pojok kanan atas:

  • Scroll ke bawah dan temukan kolom kosong di bawah daftar kode rekening yang ada.

5. Isi Kode Rekening Baru

Ketik nama kode rekening yang ingin kamu tambahkan di kolom yang tersedia. Misalnya, kamu bisa menambahkan Inventaris Kantor sebagai kode rekening baru.

6. Simpan Kode Rekening Baru

  • Setelah mengetik nama kode rekening yang baru, klik tombol Simpan untuk menyimpan kode rekening baru tersebut.
  • Kode rekening baru sekarang akan muncul di daftar aktiva tetap bersama kode rekening yang sudah ada sebelumnya.

Catatan Penting:

  • Kode Rekening Default: Kode rekening default tidak dapat dihapus. Kode seperti Tanah, Bangunan, Kendaraan, dan Peralatan adalah bawaan dari sistem.
  • Penambahan Kode Rekening: Kamu bebas menambahkan kode rekening baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti menambahkan aset atau kategori pengeluaran baru.